KAI Beli Gerbong Kereta Buatan INKA, Ada KRL

by -25 Views

Jakarta – PT KAI (Persero) membeli sejumlah gerbong kereta buatan PT INKA (Persero) termasuk gerbong untuk KRL. Pembelian ini tertuang dalam perjanjian kontrak pengadaan berupa kereta dan KRL.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan, penggunaan moda transportasi kereta api khususnya di Jawa dan Sumatera perlu ditingkatkan, mengingat moda transportasi kereta api memiliki keunggulan ramah lingkungan, dapat mengangkut dalam jumlah besar, biaya transportasi lebih murah, dan pertimbangan keamanan serta keselamatan.

Ia juga mengatakan, pengadaan sarana kereta api juga dapat lebih menarik animo masyarakat untuk tetap setia menggunakan jasa transportasi kereta api.

“Kami berharap upaya perbaikan yang tengah dilakukan KAI dapat membuat transportasi kereta api semakin maju. Selain itu, penandatanganan kontrak ini merupakan wujud KAI untuk bangkit lebih cepat melayani lebih baik. Sehingga masyarakat tetap setia menggunakan kereta api sebagai pilihan utama,” ujar Didiek dalam keteranganya di Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga:
Pengakuan Yeni Inka Awal Mula Hubungan Sama Suami Berawal dari Selingkuh, Netizen Silahturahmi di Kolom Komentar

Sementara, Direktur Utama KAI Commuter Suryawan Putra Hia menyampaikan, penandatanganan kontrak pengadaan Sarana Kereta Rel Listrik (KRL) ini sesuai dengan kesepakatan awal di Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah ditandatangani oleh PT KCI dan PT INKA pada tahun 2022 kemarin.

“Pengadaan sarana kereta ini merupakan komitmen kami dalam mendukung program Pemerintah untuk meningkatkan produksi dalam negeri serta substitusi impor melalui Program Peningkatan Pengguna Produk Dalam Negeri (P3DN),” kata Suryawan.

Untuk pengadaan 16 trainset kereta baru KAI Commuter menyiapkan anggaran hampir Rp 4 Triliun Rupiah yang akan selesai pada tahun 2025-2026.

“Semoga dengan pengadaan kereta baru ini dan pada saat kereta dioperasikan nanti, selain meningkatkan kapasitas angkut dapat juga meningkatkan kenyamanan dan pelayanan kepada pengguna kami,” imbuh Suryawan.

Adapun rincian kontrak yang ditandatangani sebagai berikut :

Baca Juga:
IDI Bolehkan Tak Pakai Memakai Masker di KRL dan Transjakarta, Asal Sudah Vaksin dan Dalam Kondisi Sehat

  1. Kontrak Pengadaan 16 Trainset KRL Baru antara PT INKA (Persero) dan PT KCI
  2. Penandatanganan Kontrak Pengadaan 612 Unit Kereta SS New Generation untuk program Replacement Tahun 2023-2026 antara PT INKA (Persero) dan PT KAI (Persero)
  3. Penandatanganan Kontrak Pengadaan 10 Car Kereta Luxury 26 seat untuk KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga, KA Taksaka dan 1 Car Cadangan Perawatan 2023-2024 antara PT INKA (Persero) dan PT KAI (Persero)



Sumber: www.suara.com

No More Posts Available.

No more pages to load.